Alasan Mengapa Indonesia Sering Terjadi Kemacetan (Traffic jam) ?





Semua orang pasti tau yang namanya macet. Setiap kali kita naik kendaraan di jalan raya jarang sekali kita tidak menemukan kemacetan. Ya mungkin bagi kalian yang tidak tinggal di pulau jawa kemacetan itu jarang terjadi. Tapi bagi orang yang tinggal di pulau jawa macet itu udah kronis. 

"Kenapa sih bisa ada yang namanya Macet ?". 

Itu pasti pertanyaan setiap orang. Nah kali ini gua bakal ngasih tau ke lu semua kenapa sih bisa macet. 


Lalu lintas di Indonesia itu udah cukup baik. Lalu yang jadi masalah itu adalah jumlah kendaraan bermotor di indonesia. menurut riset jumlah kendaraan bermotor di Indonesia itu sudah Over load terutama di pulau jawa. Hal ini bisa terjadi karena kelalaian pemerintah. Pemerintah terlalu memikirkan bisnis (keuntungan) semata.


Coba saja Indonesia mengikuti sistem kendaraan bermotor di luar negeri contohnya singapura. Di singapura,pajak mobil itu mahal bahkan pajak beli mobil di sana itu sama dengan harga mobil barunya. Coba bayangin aja, berarti sama aja dong kaya kita beli 2 mobil tapi cuman dapet 1 mobil, pasti orang mikir lagi dong kalo mau beli mobil di sana.

Akhirnya gua nemu solusi pertama, untuk mengatasi kemacetan di Indonesia. kenapa si ga kaya di singapura aja ? Gua akhirnya nanya ke beberapa orang dan jawabannya hampir sama semua 

"Yah yang ada pekerja yang butuh kendaraan rugi dong bukan cuman mereka aja tapi kita juga bakal rugi, kita kan bukan orang kaya yah kalo orang kaya sih gampang aja".

 Akhirnya gua mikir lagi, yah bener juga sih. Eh tapi tunggu dulu ! Pemerintah juga kan ga bodoh-bodoh amat, pemerintah kan udah nyiapin kendaraan umum jadi kalo lu ga punya duit buat bayar pajaknya kan bisa naik kendaraan umum. 

Solusi pertama yang gua kasih si tapi pasti butuh proses yang panjang kalo mau bener-bener di lakuin. Kalo kalian udah pada kesel sama macet gimana kalo kita sama-sama naik kendaraan umum, jadi kalo semua orang pada naik kendaraan umum otomatis kendaraan pribadi jadi sedikit, dan macet pun teratasi. 


Solusi kedua,jika jarak perjalanan nya dekat,usahakan memakai sepeda saja.toh juga itung-itung mengurangi polusi.Selain itu,bersepeda membuat tubuh menjadi fit dan sehat 



Dan solusi yang terakhir.Ini khusus bagi orang yang berduit alias kayak :v.Pindah aja ke luar negeri,negara yang tingkat kemacetan nya rendah.Jadi lo gaakan nikmatin macet lagi kan?.Tapi untuk melakukan ini,ente harus merogoh kocek dalem-dalem dan belum lagi ngurus passport nya.




Solusi mudah kaya gitu kalian pasti sering denger kan ? Tapi kenapa kok masih aja kalian ga melakukannya padahal ga susah loh. Yah, paling sedikit lebih cape di banding naik kendaraan pribadi. Tapi, untuk kepentingan bersama apa salahnya. Kalo masalah cape nanti juga ilang sendiri...


Sekian pembahasan gua soal macet semoga solusi yang gua kasih bermanfaat sekian dan terima kasih.