Flight Simulator.Game nya para pilot!

Nah, gua disini mau jelasin tentang game Flight Simulator.

Pertama kali game Flight Simulator itu dirilis tahun 1979 buat Apple II, kemudian berkembang menjadi Microsoft Flight Simulator 1.0, 2.0, 3.0, 4.0, 5.0, 5.1, FS98, FS2000, FS2002, FS2004 (biasanya dijuluki FS9), FSX dan yang paling baru yaitu Prepar3D.

nah di FS 1.0-5.0 itu pesawatnya baru Cessna dan Learjet, dan belum memliki fitur Virtual Cockpit, di FS2000 udh mulai keliatan perkembangannya, pesawatnya ditambah ada Boeing 737 Classic, di FS2002 udh ada Boeing 777-200, 747 dan map nya sudah Worldwide, nah di FS2004 sudah mulai ada yang namanya Add-ons, yaitu semacam Mods untuk FS2004 dan Mods nya beragam. Di FSX perkembangannya sudah semakin modern, Pesawat Airbus ditambahkan dalam FSX, dan mempunyai 3 Versi,  FSX Acceleration, FSX SP2, FSX Steam, nah ketiga FSX itu sudah compatible dengan add-on, dan yang terakhir yaitu Prepar3D (P3D), nah P3D ini merupakan versi pengembangan dari FSX, dimulai dari Prepar3d V1.0-V3.3, ini merupakan game Flight Simulator paling terbaru dan grafiknya setara dengan GTA V(P3D V3.0-V3.3), Tapi P3D ini sangat berat, jadi harus punya PC spek ''dewa'' v;.

nah kalo gw makenya FSX Steam Edition, karena ga terlalu berat dan graphic nya lumayan, gw pertama kali maen FSX ini pada usia 9 thn, gw nyoba terbang pake Cessna C172, tapi PC gw pas itu rusak, jadi gw ga maen lagi. 4 thn kemudian gw maen FS lagi pake Default Aircraft 737-800, gua nyoba terbang dari Jakarta-Malaysia, Penang, Singapore, Solo dan Surabaya. Akhirnya gua bosen, dan gw searching mods FSX, dan akhirnya ketemu, Addons pertama gua yaitu PMDG MD-11 nah itu addons FSX gw paling pertama. 
    ini Pesawatnya

lama kelamaan gua bosen pake MD 11 mulu, terus gw nyobain PMDG 737, tapi FSX gw tiba2 error, gua langsung beli yg ori sekalian dari steam, terus gw install Addons lagi. Alhamdulillah sampai sekarang ga ada problem sama FSX steam, ya paling kalo install addons ada yang ga compatible.

Screenshot FSX, Settings graphic medium, ya lumayan lah Medium juga buat PMDG 777 v:








ya barang kali itu Sejarah Flight Simulator, mungkin lebih lengkapnya di Wikipedia, mohon maaf kalo ada kesalahan. Wassalam.