3DS VS PS VITA, Mana yang lebih baik?



Kata 3DS dan PS VITA pasti sudah tidak asing lagi di telinga para pecinta handled console di dunia. 2 console yang berasal dari 2 perusahaan berbeda, yaitu Nintendo dan Sony entertainment, telah menciptakan CIVIL WAR di dunia game. Mengapa? Karena tingkat kepopuleran dan fitur-fitur yang canggih membuat para pecinta handled console bingung harus memilih 3DS atau PS VITA. Bagi para pembaca yang ingin membeli handled console, kalian tidak perlu bingung lagi karena sekarang saya akan membahas tentang keunggulan dan kekurangan 3DS dan PS VITA tatapi saya tidak akan membahas tentang spek atau baterai. 

1. Bentuk


3DS memiliki bentuk yang bisa dibilang kecil dan juga bisa dilipat sehingga 3DS mudah dibawa kemana-mana. Sedangkan PS VITA memiliki bentuk yang mirip dengan psp tetapi lebih besar sehingga PS VITA kurang cocok untuk dibawa kemana-mana karena bentuknya yang lebih besar daripada saku celana.

2. Graphic


Untuk graphic, saya menyarankan PS VITA daripada 3DS (meskipun 3DS memiliki fitur 3D). Bagusnya graphic game PS VITA bisa dilihat dengan adanya game-game dengan graphic bagus seperti Borderland 2, One piece, Dragon ball Z, Assassin's creed 3 liberation, Littlebig planet, dll. Bagusnya graphic game PS VITA juga bisa dibuktikan dengan adanya fitur remote play yang memungkinkan kita untuk bermain game PS3 dan PS4 dengan syarat kita harus memiliki console PS3 atau PS4.

3. Game


Jika dilihat dari banyaknya game, 3DS memiliki segudang game dari beberapa region termasuk Jepang. Beberapa game tersebut merupakan adaptasi dari anime seperti Terra formars, Youkai watch, Boku no hero academia: battle for all, Attack on titan: humanity in chain, dll. Tetapi game PS VITA tidak sebanyak 3DS. Meski begitu, PS VITA memiliki game-game yang lebih bagus, contohnya game Attack on titan. Aot versi 3DS hanya mengambil sebagian dari cerita Aot, sedangkan Aot versi PS VITA memiliki alur cerita yang lebih panjang daripada 3DS. Graphic pada gamenya pun berbeda. Beberapa game PS VITA juga merupakan adaptasi dari anime seperti Sword art online, one piece, j-star victory vs, digimon, tokyo ghoul jail, dll.

4. Fitur


3DS dan PS VITA memiliki banyak persamaan dalam hal fitur seperti screenshot, touchscreen, dll. Tetapi, VITA dan 3DS memiliki perbedaan yang banyak. Bagi pengguna 3DS, kalian bisa menemu-kan fitur 3D yang ada di samping kanan bawah layar 3DS. 3DS juga dilengkapi dengan stylus. Sedangkan PS VITA tidak memiliki fitur 3D dan stylus. Tapi, PS VITA memiliki fitur remote play yang memungkinkan para pengguna PS VITA untuk memainkan game PS4 dan PS3 dengan syarat kalian harus memiliki PS4 atau PS3. PS VITA  juga menyediakan fitur Parental control yang berfungsi untuk mengatur waktu bermain dan memblokir game yang bergenre dewasa. 


Dengan ini, PS VITA dan 3DS sama unggul dalam hal game dan fitur. Jika kalian ingin merasakan pengalaman bermain game dengan graphic bagus, saya menyarankan ps vita.  Tetapi jika kalian ingin bermain game-game klasik seperti mario, pokemon, atau zelda,  saya menyarankan 3DS. Jika dilihat dari harga, terakhir kali saya cek harga PS VITA hampir sama dengan 3DS yaitu sekitar 2 juta (kalau beli di internet).