Dampak buruk dan dampak baik anime

Hai, perkenalkan saya admin baru yang bernama Naufal. Sekarang saya akan membahas tentang anime yang sekarang menjadi rivalnya sinetron. 

Anime berasal dari kata animation.Tetapi karena orang jepang kesulitan dalam mengucap kata "animation", maka mereka memanggilnya anime. Anime terdiri dari beberapa genre seperti horror, fantasy, slice of life, dan lain-lain. Anime sudah dikenal hampir ke seluruh dunia termasuk Indonesia.

Dikenalnya anime di Indonesia bisa dilihat dari banyaknya penggemar anime di Indonesia. Saat ini, anime sering dibanding-bandingkan dengan sinetron di tele-visi meskipun anime dan sinetron sama saja. Anime sering dikaitkan dengan dampak buruk yang dialami oleh pelajar Indonesia saat ini. Yang jadi masalah saat ini adalah apakah anime selalu berdampak buruk ?.

Setiap buatan manusia pasti memiliki sisi baik dan buruk, termasuk anime. Anime memang memiliki banyak sekali dampak buruk, seperti :
1. Beberapa karakter di beberapa anime memakai yang terlalu terbuka atau vulgar
2. Beberapa anime mengandung unsur pembunuhan, psikopat, dan kriminal
3. Beberapa anime mempertontonkan hal-hal yang 18+ (hentai)
Jika dilihat lagi, anime memang memberikan dampak yang sangat buruk. Tetapi disamping itu, anime juga memberikan dampak positif yang bisa memotivasi para penonton. Berikut adalah 4 anime yang memiliki dampak positif bagi para penonton :

1. ASSASSINATION CLASSROOM


Anime yang bercerita tentang murid kelas 3 smp yang memiliki misi untuk membunuh gurunya sedangkan Gurunya adalah monster berkecepatan mach 20 yang telah menghancurkan 70% bagian bulan dan berencana untuk melakukan hal yang sama kepada bumi pada hari kelulusan. 

Anime yang sudah mencapai season teakhirnya ini tidak hanya memotivasi para penonton, teapi anime ini juga memberikan gambaran sosok guru yang selalu mebimbing murid-muridnya agar menjadi manusia yang bernilai. Sayangnya, anime ini akan berakhir dengan kematian gurunya. Saya mendapatkan banyak pelajaran dari anime ini, yaitu yang terbaik tidak selalu berasal dari atas tetapi yang terbaik kadang-kadang berasal dari bawah. Saya merkomendasikan anime ini untuk para pecinta anime dan calon-calon guru :)

2. NARUTO


Nah, anime yang satu ini pasti semua orang tau. Dari anak-anak sampe nenek-nenek yang bisa salto pun pasti tau naruto. Naruto memang sudah terkenal di Indonesia dari saya kecil sampai sekarang. Anime buatan masashi kishimoto ini bercerita tentang seorang ninja bernama naruto yang bercita-cita untuk menjadi hokage sampai pada akhirnya, naruto berhasil menjadi hokage. Anime ini memiliki banyak sekali kata-kata bijak yang memotivasi yaitu :
1.“Aku akan menolongnya meski harus mengorbankan nyawa karena dia adalah temanku” (Shikamaru Naara)
2.”Jika kau menungguku untuk menyerah, kau akan menungguku selamanya” (Naruto Uzumaki)
3."Ninja yang melanggar peraturan memang sampah, tapi ninja yang meninggalkan temannya lebih buruk daripada sampah"(Obito Uciha)
4. “Kalau tanganku patah, akan ku tendang dengan kakiku ini. Kalau kakiku patah, akan ku gigit dengan gigiku ini. Kalau gigiku dihancurkan juga, akan ku lihat dengan dengan tatapan penuh kebencian. Dan kalau mataku dihancurkan juga, akan ku gunakan kutukan untuk melawannya, aku pasti akan mengembalikan Sasuke” (Uzumaki Naruto)
5 . “Kemampuan individu seorang ninja memang penting, tetapi yang lebih penting lagi adalah kerjasama tim” (Hatake Kakashi).
Dan masih banyak lagi kata-kata bijak yang memotivasi dari anime ini. Salah satu pelajaran yang saya dapatkan dari anime ini adalah hidup harus didampngi dengan kerja keras dan pantang menyerah.

3. ONE PUNCH MAN


Anime ini pasti sudah tidak asing lagi bagi penggemar anime. Anime ini bercerita tentang saitama yaitu superhero yang bisa mengalahkan musuhnya dengan sekali pukulan. Anime ini mengajarkan saya agar terus berusaha jika memiliki impian dan juga anime ini membuat beberapa orang termotivasi untuk lebih rajin berolah raga

4. ATTACK ON TITAN


Anime ini termasuk kesukaan saya dari kelas 7. Anime yang berlatar masa lalu ini bercerita tentang kehidupan manusia yang terancam oleh para titan. Titan adalah raksasa pemakan manusia. Anime mengingatkan saya akan sulitnya bertahan hidup di dunia. Anime ini juga menceminkan kerja keras dan kemauan untuk mencapai tujuan.


Anime memang memiliki sisi baik yang sangat banyak dan memotivasi kita semua ter-masuk saya sendiri. Meski anime memiliki banyak sekali sisi baik, tetapi kita juga harus mempertimbangkan sisi buruknya dan tidak meniru adegan-adegan yang buruk. Menonton anime memang diperbolehkan, tetapi kita harus pandai memilah mana yang boleh ditiru dan yang tidak boleh ditiru di anime.